6 Cara Jitu Mencegah Serangan Jantung

Home / Gaya Hidup / 6 Cara Jitu Mencegah Serangan Jantung
6 Cara Jitu Mencegah Serangan Jantung Ilsutrasi - Meditasi atau relaksasi salahsatu cara mencegah serangan jantung (FOTO: halodoc)

TIMESMALUKU, JAKARTA – Penyakit jantung salah satu gangguan kesehatan yang berisiko tinggi. Tak hanya terjadi pada usia tua, serangan jantung juga bisa dialami orang-orang yang lebih muda. Meski demikian, serangan jantung bisa dicegah. Bagaimana cara mencegah serangan jantung yang tepat?

Berikut sejumlah hal yang dapat dilakukan sebagai cara mencegah serangan jantung di segala usia, dilansir dari CNN Indonesia.

1. Makanan ramah jantung

Makan buah dan sayuran, biji-bijian, dan makanan tinggi asam lemak omega-3 bisa membuat jantung lebih sehat ketimbang makan makanan olahan serta daging berlemak.

Untuk orang yang lebih berisiko, seperti memiliki riwayat keluarga dengan hipertensi serta serangan jantung, baiknya mulai mengurangi garam, lemak jenuh, dan daging merah.

2. Meditasi

Bila pekerjaan yang dijalani rentan membuat Anda stres, saatnya untuk menyisihkan waktu untuk relaksasi. Sebab, kondisi yang penuh dengan tekanan, seperti stres kerja, kemarahan, dan perselisihan dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

3. Kurangi rokok

Bila kini Anda tidak merokok, itu adalah kondisi sempurna yang dapat menambah poin bagi kesehatan jantung. Bahkan, berhenti merokok dalam 1 tahun, sudah cukup mengurangi risiko serangan jantung secara drastis.

4. Aktif bergerak

Jantung terdiri atas banyak otot yang perlu dilatih secara teratur agar tetap kuat dan sehat. Aktif bergerak dan olahraga adalah cara mencegah serangan jantung. Anda bisa berjalan atau melakukan olahraga ringan secara teratur. Semuanya berpengaruh pada penurunan risiko serangan jantung. 

5. Bersosialisasi

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang lebih banyak mendapat dukungan sosial, baik dari keluarga, pasangan atau teman, memiliki risiko masalah jantung yang sangat kecil. Ini berkaitan dengan rendahnya tingkat stres saat Anda memiliki teman setia untuk berbagi beban hidup.

6. Menjaga kebersihan gigi

Menjaga kebersihan gigi dapat menjadi cara cegah serangan jantung yang paling mudah. Pasalnya, bakteri dari gusi yang meradang dapat memasuki aliran darah dan merusak pembuluh darah. Hal ini juga dapat menyebabkan pembekuan darah, yang cepat atau lambat dapat memicu terjadinya henti jantung.

Selain cara di atas, hal yang tak kalah penting untuk mencegah serangan jantung adalah dengan rutin cek kesehatan di dokter. Dengan langkah ini Anda bisa mengetahui kondisi kesehatan jantung, serta bisa mendapat penanganan yang tepat sejak dini jika terjadi gangguan pada jantung. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com